Kamis, 02 Januari 2020

NETWORKING FUNDAMENTAL

NETWORKING FUNDAMENTAL

Nama : Myrta Amaryllidya 
Nim   : 20190910124
Kelas  : SINFC-2919-D
Prodi  : Sistem Informasi
Fakultas Ilmu Komputer 



Okey dalam kesempatan ini, saya akan membahas tentang Network Fundamental, apasih network fundamental itu ??
Mari kita bahas…



Network Fundamental (Dasar – dasar dalam Jaringan Komputer) dengan kalian belajar Network Fundamental, kalian jadi tahu dan tidak akan kesusahan saat mempelajari Networking lebih dalam
Network  adalah kumpulan perangkat jaringan dan perangkat pengguna yang saling terhubung satu sama lain dan memiliki fungsi sebagai berikut.

Membagi sumber daya : Contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, Memori dan Harddisk.
Komunikasi : contohnya surat elektronik, chatting dll.
Akses Informasi : Contohnya web browsing.

Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program-program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya. Selain itu jaringan komputer bisa diartikan sebagai kumpulan sejumlah terminal komunikasi yang berada diberbagai lokasi yang terdiri dari lebih satu komputer yang saling berhubungan.

dasar – dasar pada jaringan komputer ( Fundamental of Networking ) :
  • 1.       Komunikasi Data

Komunikasi data adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer-komputer dan piranti-piranti yang lain dalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Data berarti informasi yang disajikan oleh isyarat digital
  • Komponen Komunikasi Data:

1.       Penghantar/pengirim, adalah piranti yang mengirimkan data
2.       Penerima, adalah piranti yang menerima data
3.       Data, adalah informasi yang akan dipindahkan
4.       Media pengiriman, adalah media atau saluran yang digunakan untuk mengirimkan data
5.       Protokol, adalah aturan-aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan

Jaringan komputer dibedakan menjadi :

Berdasarkan Skala / Jarak:

  •   Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran sampai beberapa kilometer.
  •  Metropolitan Area Network (MAN) , berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga sebuah kota.
  •       Wide Area Network (WAN) , jangkauannya mecakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
  •     Internet , pada dasarnya internet merupakan kumpulan jaringan yang terinterkoneksi. Hal ini terjadi karena orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung jaringan lainnya. Untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya.
     Jaringan Tanpa Kabel , merupakan solusi terhadap komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Berdasarkan topologinya :
1.       Topologi Bus,
2.       Topologi Ring,
3.       Topologi Star,

Perangkat keras dan perangkat lunak
·       




  •   Hardware (perangkat keras), adalah jaringan yang secara fisik dapat dilihat dan diraba
  •          Software(perangkat lunak), adalah istilah khusus untuk data yang diformat dan disimpan secara digital termasuk perangkat computer
Asitekur jaringan merupakan perangkat lunak dari jaringan komunikasi data, terdiri dari layer, protokol dan interface.
Ada dua model asitektur jaringan yaitu :
·        
      OSI ( Open System Interconnection ) model ini juga seing disebut model tujuh lapis OSI (OSI seven layer model ) adalah suatu deskripsi abstak mengenai desain lapisan lapisan komunikasi dan protocol jaringan computer yang dikembangkan.
·         
     TCP/IP adalah protokol yang digunakan di jaringan global karena memiliki sistem pengalamatan yang baik dan memiliki sistem pengecekan data. Standar komunikasi data yang digunakan oleh komunitas internet dalam tukar menukar datasatu computer ke computer lain
Sistem operasi jaringan mengelola sumber daya jaringan, menyediakan layanan serta menyediakan keamanan jaringan bagi multiple users Sistem operasi oleh jaringan client/server yang umum digunakan adalah Windows NT Server family (Windows Server 2000 dan 2003), Novell NetWare, dan Unix/Linux

semoga bermanfaat
Terimakasih telah berkunjung ☺☺



Universitas Kuningan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

modul 10